Mengeluh di Hari yang Tadinya Ditunggu


Menurutmu apa makna dari perayaan hari lahir?

“Tiup lilinnya, tiup lilinnya, tiup lilinnya sekarang juga, sekarang juga, sekarang jugaa.. ” kerumunan orang itu mengelilingi Anna yang mana pada hari ini genap berusia 17 tahun. Anna meniup lilin dengan sangat antusias. Tak lupa harapan dan angan yang ingin dicapai diucapakannya dalam hati.

Hanya satu hal yang membuatnya keheranan. Sahabat dekatnya, Anton, sama sekali tidak mengucapkan do’a ataupun harapan terkait dengan bertambahnya umur Anna.

Namun, seketika Anton menghampirinya. Sungguh! Anna tidak mengharapkan ucapan itu jika Anton tidak mau. Melewati hari peringatan kelahiran begitu saja rasanya bukan sesuatu yang terlalu buruk. Lagipula apa makna sebenarnya tentang hari kelahiran?

“Anna, selamat ulang tahun. ” nada bicaranya sungguh tidak bersemangat.

“Aku pikir kamu lupa kalau hari ini hari lahir aku. Ck–“

Anton tidak menanggapi perkataanku, wajah lesunya hanya membuatku mengeluh di hari yang awalnya kutunggu.

“Memangnya menurutmu apa makna perayaan hari lahir? Tidak bermakna yaa? ” aku akhirnya ambil tindakan melihat dia tak bergumam.

“Bukannya tidak bermakna, cuma suka heran aja. Manusia ulang tahun itu nambah umur, semakin nambah umur semakin nambah dosa. Tapi kok ya mereka malah ngerayain? Malah senang-senang?” Dia mengungkapkan pandangannya mengenai perayaan hari lahir.

“Kalau menurutku, dengan bertambahnya umur dan dosa itu, di sanalah peran orang-orang mengucapkan do’a-do’a supaya kita menjadi lebih baik dari sebelumnya. Yaa intinya, perayaan hari lahir ga selalu tentang senang-senang belaka. Tapi seharusnya jadi ajang perbaikan diri menjadi pribadi yang jauh lebih baik dari tahun sebelumnya.”

Advertisements

Published by

Tia Ameylia

Hanya gemar merangkai frasa menjadi kalimat sederhana yang beraroma hujan. Penggemar hujan garis keras~

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s