(Writing Prompt) Hanya Tuan Fisika


Guru fisikaku, masih melajang di usianya yang kini tengah memasuki kepala 3. Bukan apa-apa, hanya sedikit heran, masalah sikap, dia baik. Masalah umur, yaa bisa dipertimbangin lah. Masalah fisik, boleh juga. Masalah pemikiran, jangan ditanya. Tapi, masa iya sih dia masih sendiri. Jujur saja ya, sebagai murid yang ‘paling’ dekat dengannya, aku belum pernah loh denger dia deket sama perempuan. Di ponselnya yang juga sering ku otak-atik, ga pernah aku liat dia secara intens chat sama seorang gadis atau apa. Dan ketika aku tanya, alasannya selalu itu-itu saja, dia tidak seimpulsif itu untuk memulai suatu percakapan dengan seorang wanita.

Aku dan dia terlampau dekat, bukan hanya sekedar guru dan murid, tapi lebih ke teman sama teman. Kita sering sharing-sharing bareng, apalagi perihal pelajaran fisika yang buat kepalaku pusing  7 akar 3 keliling.

 

Sore itu, hanya aku dan dirinya yang tertinggal di kelas. Sesaat setelah kelas usai, sempat aku bertanya sesuatu padanya.

“Pak, mau tanya sesuatu boleh?”

“Tanya apa?”

“Biasalah, masalah tuan fisika yang ga pernah ngertiin aku.”

“Bukan dia yang ga ngertiin kamu. Tapi, kamu yang ga pernah coba buat ngertiin dia.”

Ish! Serius nih, pak!”

“Udahlah~ Baca aja bukumu, pahami bener-bener, nanti juga paham. Sudah, saya mau balik nih.”

Ia hendak beranjak dari kursinya, namun kusela dengan sepenggal kalimat,

“Kalau gaya gravitasi bisa menjatuhkan apel dari pohonnya ke tanah, apakah bisa ia menjatuhkan hati bapak pada saya?”

“…”

“…”

“Kenapa kamu nanya gitu?”

“Sederhananya, saya bertanya karena saya ga tau apa jawabannya. Pertanyaan itu ga ada di buku, di internet, dan di segala referensi yang saya cari. Mungkin kalau saya tanya ke bapak, bapak bisa tanya sendiri ke tuan fisika untuk tahu apa jawabannya.”

2 thoughts on “(Writing Prompt) Hanya Tuan Fisika

Leave a Reply

